Comments

15 July 2013

hadis “utuslah kami ke manapun Tuan suka”

Posted by at 7/15/2013 06:10:00 PM Read our previous post
AL-MISWAR ibnu Makramah r.a. menuturkan bahwa suatu hari Rasūlu'l-Lāh saw. keluar menemui para sahabat kemudian bersabda, “Sungguh, Allāh mengutus saya sebagai rahmat bagi semesta alam. Laksanakan semua perintah saya, niscaya Allāh swt. akan merahmati Anda. Jangan menentang saya sebagaimana kaum Hawariyyin menentang Isa. Sungguh, Isa menyeru kepada kaumnya kepada sesuatu yang sama seperti yang saya serukan kepada Anda. Ada orang (hawariyyun) yang ditugaskan ke tempat yang jauh, tetapi ia enggan menunaikan tugasnya sehingga Isa mengadukannya kepada Allāh. Akhirnya, mereka semua menjalankan tugas (dakwah); tiap-tiap mereka berbicara dengan bahasa kaumnya. Isa berkata kepada kaumnya, ‘Ini adalah tugas yang telah diputuskan Allāh untuk kalian. Jadi, laksanakanlah!’”

Para sahabat berkata, “Wahai Rasūlu'l-Lāh, kami akan melaksanakan setiap perintah Tuan! Utuslah kami ke manapun Tuan suka.”

«Jam’ al-Jawāmi’ (4734), al-Kanz (32090), Aḥmad (III/268, V/257), al-Majma’ (V/69), al-Misykāh (3654), al-Durr al-Mantsūr (II/323); dari “Buku Pintar Khutbah Rasulullah saw.” karya Nawaf al-Jarrah, Zaman, Jakarta, 2013 (I), penerjemah: Muhammad Zaenal Arifin, halaman 40-41».

--Foto ilustrasi diambil dari NJPainAndNumbnessRelief.com.

“Love for All, Hatred for None!”

No comments:

Popular Posts

“alislam.org” updates

My Blog List

tentang Islām

ISLAM (Arab: إسلام islām) adalah sebuah nama yang diberikan oleh Allāh (الله) kepada agama ini (QS 5:4). Ia berasal dari bahasa Arab yang harfiahnya berarti ketaatan dan kedamaian.

Islam berasal dari akar kata bahasa Arab “سَلِمَ (salima)” yang artinya adalah perdamaian, kemurnian, kesucian, penyerahan, dan ketaatan. Jadi ‘Islam’ berarti jalan orang-orang yang taat kepada Allāh dan yang menciptakan kedamaian dengan-Nya dan dengan makhluk-Nya. Pengikutnya disebut Muslim.

Arti kata Islam sendiri, harfiah berarti damai. Dalam sepatah kata ini, tercermin dengan indahnya semua ajaran dan perilaku Islam.

Islam adalah agama yang damai. Ajaran Islam memberikan jaminan rasa damai bagi semua segi kehidupan dan harapan manusia.

Islam bukanlah agama baru. Hal ini, pada dasarnya, pesan dan bimbingan yang sama yang telah Allāh turunkan kepada semua nabi sebelum Nabi Muhammad saw..[]

(selengkapnya di sini atau pula di Alislam.org)
© Ahmadiyah adalah Islam is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template